Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Visi

Pada tahun 2010-2030 menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar menuju masyarakat yang berkeadaban di tingkat nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang pendidikan Islam secara profesional dalam rangka melahirkan ahli dan/atau praktisi dibidang pendidikan Islam yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keagamaan dan keadilan;
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, kreatif, dan profesional di bidang pendidikan dasar;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan dasar.

Tujuan

  1. Menjadi pusat pendidikan Islam yang re­pre­sentatif, unggul, dan kom­peten, yang sesuai tuntutan lembaga profesional.
  2. Menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang profesional, dan memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi, kom­petitif, dan inovatif.
  3. Menjadi pusat studi yang konsen terhadap pengembangan, pe­nyebarluasan, dan penerapan ilmu pendidikan dasar melalui penelitian, pelatihan, dan peng­abdian pada masyarakat.

Profesi

Secara lebih spesifik, orientasi profesi alumni Program Studi Pen­didikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) STAIH Pare adalah:

Profesi Utama:
1)   Guru MI maupun SD
2)   Peneliti pendidikan pada tingkat pendidikan dasar.

Profesi Alternatif:

1)   Pemikir dan penulis di bi­dang pendidikan pada tingkat pen­didikan dasar
2)   Praktisi bimbingan dan kon­seling pendidikan dasar
3)   Guru pendidikan anak usia dini maupun taman kanak-kanak.

Kompetensi Lulusan

Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibtidaiyyah (PGMI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibti­daiyyah (MI), mau­pun Sekolah Dasar (SD). Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibti­daiyyah (PGMI) STAIH Pare adalah:

Kompetensi Utama:
1)   Menguasai ilmu pendidikan dasar
2)   Menguasai metode pembe­lajaran tematik
3)   Menguasai materi pendi­dikan dasar
4)   Menguasai metodologi pem­belajaran pendidikan dasar dan mampu meng­aplikasikannya
5)   Menguasai administrasi pembelajaran
6)   Menguasai evaluasi pem­belajaran
7)   Menguasai media pembe­lajaran
8)   Menguasai metodologi pe­nelitian pendidikan dan eva­luasi di bidang pendidikan dasar
9)   Komitmen terhadap profesi guru.

Kompetensi Pendukung:

1)   Menguasai teknik atau me­tode bimbingan dan kon­seling
2)   Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar
3)   Memiliki kemampuan mem­berikan alternatif pemecah­an masalah pembelajaran pendidikan dasar
4)   Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar alternatif
5)   Memiliki kemampuan me­respons secara cerdas pro­blem umat dalam wilayah pendidikan dasar;
6)   Memiliki kemampuan baha­sa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.
Gelar Kesarjanaan

Gelar kesarjanaan Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.).