Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Visi
Pada tahun 2010-2030 menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar menuju masyarakat yang berkeadaban di tingkat nasional.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang pendidikan Islam secara profesional dalam rangka melahirkan ahli dan/atau praktisi dibidang pendidikan Islam yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keagamaan dan keadilan;
- Mengembangkan penelitian yang inovatif, kreatif, dan profesional di bidang pendidikan dasar;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan dasar.
Tujuan
- Menjadi pusat pendidikan Islam yang representatif, unggul, dan kompeten, yang sesuai tuntutan lembaga profesional.
- Menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang profesional, dan memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi, kompetitif, dan inovatif.
- Menjadi pusat studi yang konsen terhadap pengembangan, penyebarluasan, dan penerapan ilmu pendidikan dasar melalui penelitian, pelatihan, dan pengabdian pada masyarakat.
Profesi
Secara lebih spesifik, orientasi profesi alumni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) STAIH Pare adalah:
Profesi Utama:
1) Guru MI maupun SD
2) Peneliti pendidikan pada tingkat pendidikan dasar.
Profesi Alternatif:
1) Pemikir dan penulis di bidang pendidikan pada tingkat pendidikan dasar
2) Praktisi bimbingan dan konseling pendidikan dasar
3) Guru pendidikan anak usia dini maupun taman kanak-kanak.
Kompetensi Lulusan
Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyyah (MI), maupun Sekolah Dasar (SD). Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) STAIH Pare adalah:
Kompetensi Utama:
1) Menguasai ilmu pendidikan dasar
2) Menguasai metode pembelajaran tematik
3) Menguasai materi pendidikan dasar
4) Menguasai metodologi pembelajaran pendidikan dasar dan mampu mengaplikasikannya
5) Menguasai administrasi pembelajaran
6) Menguasai evaluasi pembelajaran
7) Menguasai media pembelajaran
8) Menguasai metodologi penelitian pendidikan dan evaluasi di bidang pendidikan dasar
9) Komitmen terhadap profesi guru.
Kompetensi Pendukung:
1) Menguasai teknik atau metode bimbingan dan konseling
2) Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar
3) Memiliki kemampuan memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran pendidikan dasar
4) Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar alternatif
5) Memiliki kemampuan merespons secara cerdas problem umat dalam wilayah pendidikan dasar;
6) Memiliki kemampuan bahasa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.
Gelar Kesarjanaan
Gelar kesarjanaan Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.).